Senin, 31 Oktober 2011
Cara Meningkatkan Keterampilan Komunikasi
Kemampuan komunikasi yang baik adalah suatu keharusan dalam kehidupan pribadi dan bisnis. Beberapa orang secara alami adalah komunikator yang baik. Untuk orang lain, komunikasi adalah keterampilan yang harus dipelihara. Dengan sedikit waktu dan usaha, tidak seorang pun akan tahu Anda tidak dilahirkan dengan karunia mengobrol. Ikuti langkah-langkah untuk meningkatkan keterampilan komunikasi Anda.
1. Berpikirlah sebelum Anda berbicara. Rencanakan presentasi Anda bila memungkinkan, terutama dalam bisnis. Bahkan jika Anda tidak tahu segalanya yang ingin Anda katakan, Anda harus memiliki gambaran umum. Dalam percakapan yang lebih pribadi, luangkan waktu untuk menjadi jelas tentang poin yang ingin Anda buat sebelum berbicara. Selalu jujur dalam komunikasi Anda.
2. Jadilah pendengar yang aktif. Mendengarkan sering kali lebih penting daripada berbicara. Untuk meningkatkan keterampilan komunikasi Anda, perhatikan apa yang orang lain katakan tanpa terganggu.
3. Lakukan kontak mata yang baik. Mata licik membuat Anda tampak kurang dapat dipercaya dalam bisnis dan kehidupan pribadi. Jika Anda melihat kemana-mana, tetapi tidak ke mata audiens Anda, itu akan menimbulkan kecurigaan. Ini tidak berarti Anda harus memulai kontes menatap. Hanya pastikan untuk menyamankan audiens Anda dengan menatap sesekali.
4. Lakukan dengan lambat. Jangan menggumam. Melafalkan. Jika Anda berbicara terlalu cepat, maka Anda akan kehilangan audiens Anda. Gunakan kata-kata hanya jika Anda yakin maknanya. Buatlah diri Anda mudah dipahami.
5. Gunakan volume dan nada yang sesuai. Tentu saja, Anda harus berbicara lebih keras ketika menangani sekelompok orang daripada dalam percakapan pribadi. Refleksikan emosi dalam suara Anda. Pendekatan monoton tidak pernah tepat dalam situasi apapun.
6. Latihan, itu cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan komunikasi Anda. Semakin Anda banyak latihan, semakin mudah anda nantinya.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar